Home » » Mengenal Komponen, Bentuk Dan Gangguan Pada Darah

Mengenal Komponen, Bentuk Dan Gangguan Pada Darah

Mengenal Komponen, Bentuk Dan Gangguan Pada Darah - Darah memainkan peran sentral dalam kesehatan secara keseluruhan dari setiap orang. Meskipun hampir 100 persen air, darah adalah cairan kompleks yang terdiri dari sekitar 7,5 persen dari total berat badan seseorang. Pria, rata-rata memiliki sekitar 5,5 liter darah, sementara seorang wanita memiliki 3,25 liter darah. Pada umumnya tubuh manusia memiliki sekitar 30 triliun sel darah.

Mengenal Komponen, Bentuk Dan Gangguan Pada Darah
Komponen Darah

Komponen dan Fungsi Darah

Darah manusia terdiri dari sel-sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit) yang mengapung dalam plasma, cairan berwarna terdiri dari 90 persen air. Plasma, juga mengandung asam organik, gula, hormon dan garam, berfungsi sebagai media untuk:
  1. Mengedarkan komponen darah ke seluruh jaringan tubuh melalui arteri, vena dan kapiler;
  2. Memberikan nutrisi ke jaringan dan organ;
  3. Membawa mineral, hormon, vitamin dan antibodi;
  4. Mentransport produk limbah ke organ pengeluran (ginjal, kulit dan paru-paru).

Banyak zat penting untuk kesehatan didaur ulang melalui darah.

Darah yang berasal dari jantung dipompa ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, mengambil oksigen, mengalir kembali ke jantung, dan kemudian dipompa ke seluruh tubuh. Setelah melepaskan oksigen ke sel dan mengambil karbon dioksida (produk limbah dari metabolisme sel), darah kembali ke paru-paru, di mana karbon dioksida dibuang melalui alveolus paru-paru. 

Selama perjalanan ke seluruh tubuh, darah juga mengambil hormon dari tiroid, adrenal, dan kelenjar lain, kemudian mengangkutnya ke organ tertentu.

Secara umum, darah membantu menjaga keseimbangan (homeostasis) dari lingkungan internal. 

Selain mensuplai oksigen dan mengumpulkan produk-produk limbah, fungsi utama regulasi darah adalah memberi nutrisi pada sel, berperan dalam sistem pertahanan dan mengatur suhu tubuh. Darah juga memfasilitasi adaptasi tubuh untuk kondisi yang berbeda, termasuk perubahan iklim, aktivitas fisik stres, kebiasaan diet baru dan ketahanan terhadap cedera dan infeksi organisme.

Baca Juga : Mengenal Sistem Peredaran Darah Bersama Agaric Herbal Drink

Bentuk Sel Merah yang Normal

Sistem peredaran darah adalah sarana untuk mengangkut oksigen, nutrisi, antibodi, dan hormon ke sel-sel untuk menjaga kelangsungan dan berfungsinya setiap sel tubuh. Eritrosit normal berbentuk bulat bikonvek, terpisah dan bergerak melalui kapiler sangat mudah. Ukuran rata-rata sel darah merah yang sehat adalah 7.2 mikron.

Sel darah merah yang normal
Sel darah merah yang normal

Bentuk Sel Darah Merah yang Abnormal

Ketika sel-sel darah merah yang terdistorsi dalam ukuran atau struktur, mereka tidak memiliki fleksibilitas dan fluiditas. Hal ini menyebabkan kemampuan mereka mengalir sangat terbatas, dan mengurangi kemampuan mereka untuk mengangkut oksigen. Sel darah cacat juga menunjukkan kekurangan nutrisi penting, sehingga baik dari pola makan yang buruk atau dari ketidakmampuan tubuh memetabolisme vitamin dan mineral.

Sel darah merah abnormal
Sel darah merah abnormal

ECHINOCYTE

Ini adalah sel-sel darah merah yang memiliki penampilan yang berduri. Hal ini biasanya menunjukkan stres ginjal.

Echinocyte
Echinocyte

Echinocyte disebabkan karena acidosis yang parah dan tubuh tidak mampu membuang tingkat keasaman darah sehingga menyebabkan sel darah merah mengkerut.

Acidosis merupakan kondisi dimana darah terlalu asam.


ROULEAU

soda dan akan tetap seperti itu selama setidaknya dua jam. Karena sel-sel tidak mendapatkan oksigen maka akan merasa lelah, memiliki pencernaan yang

Rouleau
Rouleau
Ketika darah sampai ke kondisi ini jumlah oksigen yang dapat diangkut sangat kurang. Kondisi ini disebabkan oleh dehidrasi, tinggi lemak dan diet protein dan keasaman tinggi. Darah juga akan terlihat seperti ini jika minum satu gelas

buruk, dan mungkin memiliki gangguan kulit.

SEL TARGET (CODOCYTE)

Sel darah merah ini kekurangan zat besi dan hemoglobin, merupakan bagian yang membawa oksigen. Gejala yang timbul adalah kelelahan, pencernaan yang buruk, dan anemia.

Codocyte
Codocyte


POIKILOCYTOSIS

Kondisi ini disebabkan oleh radikal bebas. Ini juga menurunkan daya ikat hemoglobin terhadap oksigen sehingga memperpendek kehidupan sel.

Poikilocytosis
Poikilocytosis


PROTEIN LINKAGE

Protein Linkage merupakan pertanda awal terjadinya lengketnya antar sel darah merah dan jika tidak di perbaiki dapat berkembang menjadi Rouleau. Protein Linkage diakibatkan oleh kandungan protein berlebihan dalam darah yang mungkin karena over konsumsi atau protein yang tidak dicerna sepenuhnya.

Protein Linkage
Protein Linkage

Konsekuensinya, sel mulai saling menempel sehingga bagi jantung lebih sulit untuk mendorong darah melalui pembuluh darah dan arteri

MICROCYTE

Microcyte adalah sel darah merah berukuran kecil dengan diameter kurang dari 5 mikron. Sel-sel ini memiliki hemoglobin kurang dari sel normal dan sering terlihat pada orang dengan anemia yang diakibatkan defisiensi zat besi (Fe).

Microcyte
Microcyte

SEL DARAH PUTIH

Jumlah, ukuran, bentuk dan pergerakan sel darah putih menunjukkan kemungkinan masalah yang berkaitan dengan kekebalan, termasuk infeksi, alergi, makanan sulit dicerna, kekurangan gizi (malnutrisi) dan kondisi pencernaan yang kurang baik. Dalam jangka panjang, kelebihan atau kekurangan aktifitas sel-sel kekebalan dapat mengakibatkan peningkatan kerentanan terhadap penyakit.

Sel darah putih
Sel Darah Putih
Keterangan gambar: sel darah putih secara aktif mengkonsumsi bakteri

Gangguan Pada Sel Darah

Penggumpalan Trombosit

Ketika seseorang tidak terjadi luka, dan trombosit (Platelet) mengalami agregasi (penggumpalan), maka dapat berkembang menjadi situasi yang berbahaya. Agregat trombosit dapat membentuk gumpalan yang dapat memblokir arteri sehingga menyebabkan stroke atau serangan jantung. Gumpalan ini disebut trombus.

Penggumpalan Trombosit
Penggumpalan Trombosit

Penggumpalan trombosit diakibatkan oleh: diet tinggi lemak dan protein atau konsumsi gula tinggi.

Kristal Asam Urat

Asam urat adalah produk sampingan dari metabolisme protein dan urea. Kristal ini berbentuk seperti pisau sehingga dapat menyebabkan rasa sakit bagi orang-orang dengan kandungan asam urat tinggi.

Kristal Asam Urat
Kristal Asam Urat

Asam urat adalah penyebab gout dan salah satu penyebab fibromyalgia. Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon. Fibromyalgia juga ditandai dengan kelelahan pada beberapa tempat di tubuh (multiple tender points), dimana jika diberi tekanan sedikit akan menyebabkan rasa sakit.

Kristal Kolesterol

Kolesterol adalah senyawa sterol yang berperan penting dalam tubuh, merupakan prekursor untuk banyak hormon. Jika seseorang Kelebihan kolesterol di dalam darah, kolesterol ini akan menempel pada dinding pembuluh darah membentuk plak sehingga pembuluh darah mulai menyempit. Proses ini disebut juga aterosklerosis.

Kristal Kolesterol
Kristal Kolesterol
Ketika kadar kolesterol telah normal kembali, plak pada dinding pembuluh darah tidak otomatis hilang, tetapi tetap menempel di sana. Bila suatu saat kadar kolesterol naik kembali, kelebihan kolesterol ini akan menempel lagi pada dinding pembuluh darah, sehingga plak semakin tebal dan pembuluh darah semakin menyempit, sehingga pembuluh darah dapat tersumbat.

Bila ini terjadi di jantung, akan terjadi serangan jantung. Bila terjadi di otak, akan terjadi stroke. Kristal kolesterol dapat menyebabkan batu empedu.

Ragi  (FUNGUS)

Sebuah jamur yang memakan makanan yang tidak tercerna dan gula dalam darah. Prinsip ragi yang ditemukan dalam darah adalah Candida Albicans. Hal ini biasanya ditemukan pada orang dengan kanker, fibromyalgia dan mereka dengan kelelahan kronis. Kondisi ini juga menunjukkan darah dalam kondisi asam, karena hal ini terjadi ragi tidak dapat hidup dalam lingkungan alkalin.
\
Ragi atau Fungus
Ragi atau Fungus

Form Rod Bakteri

Ini merupakan bentuk lanjutan dari infeksi bakteri dan dianggap sebagai indikator yang serius dari sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bakteri ini menghasilkan produk sampingan asam yang sangat beracun sebagai hasil dari proses metabolisme mereka.

Form Rod Bakteri
Form Rod Bakteri
Kemungkinan penyebab: pH darah rendah (keasaman dan peradangan), oksigenasi rendah, usus bocor, dysbiosis, penggunaan antibiotik, racun dalam darah menyediakan makanan bagi parasit dan bakteri untuk hidup - racun dari pencernaan yang buruk dan junk food diet.

Tanda-tanda yang mungkin: kelelahan, gas, kembung, nyeri pencernaan, sembelit, diare

Fibrin

Fibrin merupakan protein pembekuan yang berasal dari prekursor fribrinogen. Protein ini ada dalam darah berperan dalam proses pembekuan darah untuk mencegah pendarahan internal. Peningkatan fibrin pada umumnya terjadi selama detoksifikasi yang benar dan diet yang efektif karena tubuh menarik asam yang disimpan di jaringan ikat kembali ke dalam aliran darah untuk eliminasi.

Fibrin
Fibrin
Berapa banyak dan seberapa cepat membentuk menunjukkan kemacetan hati mengakibatkan pencernaan yang buruk dan pemanfaatan lemak.

Plak

Plak aterosklerotik adalah salah satu kondisi dimana kadar lemak / kolesterol yang tinggi dan membentuk plak. Plak ini pada akhirnya menempel pada dinding arteri dan menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Efeknya, tekanan darah meningkat, aliran darah tersendat dan berpotensi terjadinya strok, impotensia, dan lain-lain.

Plak
Plak

Penutup

Sahabat Agaric, inilah artikel tentang Mengenal Komponen, Bentuk Dan Gangguan Pada Darah. Dengan mengenal dan mengetahuinya, maka kita dapat mengerti kondisi sel darah saat dilakukan tes Analisa Kualitas Darah atau live blood analysis.

Nah, dengan mengetahui kualitas darah, maka kita dapat segera mengambil keputusan untuk memperbaikinya. Dan, Agaric Herbal Drink adalah solusi bagi kesehatan darah kita.

"Darah sehat, badan juga sehat." 

Sumber Referensi :

  • http://www.naturalhealthandchiropractic.com/index.php/li ve-blood.htmlkarbohidrat sederhana mengkristal.
  • http://www.phmiracleliving.com/t-live-blood-cell- analysis.aspx
  • http://www.livebloodtraining.com/main/page_lectures art icles_benefit_of_live_blood_testing.html
  • http://www.amazine.co/3778/tips-kesehatan-mengenal- risiko-efek-fibromyalgia/
  • http://www.medical-labs.net/variations-of-uric-acid-crystals- in-urine-2351/
  • http://blog.myfatpocket.com/judging-me/live-blood- analysis-by-adonis/
  • http://www.bloodcytology.com/blood-images/
  • http://indonesiasehat.net/batuempedu/kristal-kolesterol- dan-bilirubin-di-dalam-saluran-kandung-empedu/

0 comments:

Post a Comment